#AsikVideo


Kini Last Child mengeluarkan Seluruh Nafas Ini Short Movie (#SNIShortMovie) yang sudah di tunggu-tunggu oleh Last Friends. Mengambil rangkaian cerita seperti Video Clip nya, Short Movie ini diperankan sendiri oleh semua personil Last Child dan Giselle. Dan Disutradarai oleh Upie Guava.

Belajar Tentang Arti Kehidupan Dari Komik Jepang

Selasa, 09 April 2013

Saat ini persaingan terjadi antara Jepang dan Amerika di pangsa pasar Komik dunia. Komik-komik miliki Amerika memang memiliki kualitas yang sangat bagus dari sisi gambar dan lainya. Tapi ada sebuah sisi yang tidak dimiliki oleh Komik miliki Amerika dan hanya dimiliki oleh komik-komik Jepang. Salah satunya adalah pelajaran tentang arti Hidup. Komik-komik Jepang banyak memberikan tentang pelajaran-pelajaran tentang arti kehidupan. Berikut adalah pelajaran-pelajaran arti kehidupan yang dapat diambil dari komik Jepang.

1. Pantang Menyerah Dan Bekerja Keras
Dikomik-komik Jepang selalu menonjolkan dan menekankan pada tokoh-tokoh dalam komiknya sifat pantang menyerah, khususnya pada komik yang bertema petualangan dan aksi. Banyak diceritakan tokoh-tokoh komik Jepang yang selalu gagal tapi tidak pernah menyerah sampai mendapatkan keberhasilan.

Contohnya komik Onepiece, Luffy entah udah berapa kali ia kalah dan gagal melawan musuh-musuhnya tapi dia gak pernah menyerah untuk mengejar mimpi-mimpinya. Setiap kalah dia selalu berusaha dan berlatih lagi dan lagi, agar bisa lebih kuat dan mampu mengalahkan musu-musuhnya.

2. Gak Harus Jadi Yang Paling Hebat Untuk Jadi Pahlawan
Beda dengan komik-komik Amerika yang selalu menggambarkan pahlawan-pahlawannya sebagai manusa yang luar biasa. Komik Jepang terasa lebih 'manusiawi' yang menggambarkan pahlawan-pahlawannya gak lebih hebat dari tokoh-tokoh lain di dalam komik tersebut.

Contohnya Si Noruto dalam cerita komik Naruto, awalnya dia bukan buka siapa-siapa dia hanya seorang ninja bodoh, lebih tepatnya paling bodoh. Tapi, karena niatnya yang ingin menjadi seorang ninja yang diakui oleh orang-orang desanya itulah yang membuat dia menjadi ninja hebat dan ninja lebih kuat lagi.

3. Keluarga Dan Sahabat Adalah Segalanya
Di rata-rata komik Jepang juga banyak menekankan dan menonjolkan mengenai betapa pentinganya arti keluaraga dan sahabat dalam kehidupan tokohnya. Di komik Naruto juga, dia demi sahabatnya ingin menjadi kuat dan lebih kuat lagi agar bisa melindungi mereka.

Contohnya komik Samurai X, tokoh utama komik ini si Kenshin sebenarnya udah gantung pedang dari dunia samurai, tapi dia akhirnya kembali ke dunia yang udah dia tinggalkan itu untuk melindungi orang-orang yang disayanginya.

4. Milikilah Cita-Cita Setinggi-Tingginya
Pada sebagian komik Jepang juga mengakat kisah tentang perjuangan tokoh dalam komik tersebut untuk menggapai cita-citanya yang sebenarnya mustahil dia capai dan wujudkan. Hal ini dilakukan oleh beberapa penulis memang sengaja untuk membuat para pembaca tidak pernah takut ntuk bercita-cita setinggi apapun, walaupun cita-cita itu sepele dan dirinya ditertawakan oleh orang lain.

Contohnya komik Ahiru no Sora, Dalam komik ini ceritanya Tokoh Sora memilikitumbuh pendek. Ia memiliki cita-cita untuk bermain di Interhigh (kejuaraan basket tertinggi untuk tingkat SMU di Jepang) Sora berusaha keras dan tanpa pernah mengenal kata menyerah untuk menggapai cita-citanya tersebut meskipun banyak orang yang meragukannya.

5. Tak Ada Manusia Yang Sempurna
Di komik Jepang jarang banget, malahan gak ada mungkin tokoh utama atau pahlawan yang digambarkan denga sosok yang luar biasa di komik Jepang, pasti ada sisi dimana masa lalunya kelam dan buruk, itu ciri khas tokoh utama yang sering di tonjolkan di komik jepang.

Contohnya Samurai Deeper Kyo, si Kyo yang memiliki mata satu merah memiliki masa lalu yang kelam, dulunya dia adalah seorang pembunuh beradarah dingin.

6. Jangan Melupakan Sejarah Dan Budaya
Di komik Jepang, biasanya penagarang tidak lupa untuk mengangkat budaya-budaya Jepang di dalam komik karangannya. Kadang-kadang kejadian sejarah, tempat berserajarah dan kebudayaan jepang menajadi latar belakag atau bagian dari cerita komik tersebut.

Contohnya komik Sinchan, Banyak disajikan tentang kebudayaan-kebudayaan Jepang seperti minum teh, beberapa perayaan dan festival Jepang dan masih banyak lagi. Gak lupa juga kebiasaan-kebiasaan kecil seperti anak-anak Jepang yag pergi sekolah diantar dengan bis sejak kecil.

7. Jangan Pernah Melewatkan Kesempatan Yang Datang
Dalam komik Jepang juga ada cerita tentag kehidupan seseorang bisa saja berubah begitu cepat dengan sangat drastis. Ketika sang tokoh bisa memanfaatka kesempatan yang datang kepadanya.

Contohnya dalam komik Bleach, Awalnya Ichigo sang tokoh utama dalam komik ini hanya seorang manusia biasa, terlepas dari keahlian yang sudah dia miliki sejak awal yaitu bisa melihat arwah atau hantu. Kehidupan Ichigo kemudian berubah sangat luar biasa setelah ia mendapat kesempatan untuk menumpas mahluk jahat dengan menjadi Shinigami.

Masih banyak sebenarnya pelajaran yang dapat diambil dari komik Jepang, kalau kamu mau tau lebih banyak pelajaran yang dapat diambil dari komik Jepang silakan baca banyak-banyak komik Jepang.
 

Artikel Jadul, Tapi Asik !

Mau akun dan tweet kamu nongol dan di promosiin kayak di atas? Caranya gampang tinggal Follow @MajalahAsik di Twitter ;)